Langsung ke konten utama

MABIM VOKASI UI 2013

Source: Twitter MABIM VOKASI 2013

Program Vokasi Universitas Indonesia dibentuk tahun 2008 berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Indonesia Nomor 492/SK/R/UI/2008. Secara umum program Pendidikan Vokasi (Program Diploma III) bertujuan menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan tenaga ahli profesional dalam menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan teknologi dan kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Secara khusus, program Pendidikan Vokasi ini diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang menguasai kemampuan dalam bidang kerja tertentu sehingga dapat langsung diserap sebagai tenaga kerja di industri/swasta, lembaga pemerintah atau berwiraswasta secara mandiri. Hal ini karena beban pengajaran pada program Pendidikan Vokasi telah disusun untuk lebih mengutamakan beban mata kuliah ketrampilan dibandingkan dengan beban mata kuliah teori.

Program Pendidikan Vokasi telah di selenggarakan oleh Universitas Indonesia sejak tahun 1980an dan dikelola diberbagai fakultas seperti Fakultas Kedokteran, FMIPA, FE, FISIP dan FKM. Sejak tahun 2008 pengelolaan administrasi program Pendidikan Vokasi dilakukan secara terpusat di Universitas Indonesia. Hal ini dilakukan guna meningkatkan efisiensi mengingat banyaknya jalur pendidikan yang ada di Universitas Indonesia serta untuk mewujudkan visi dari Universitas Indonesia itu sendiri yaitu, menjadi universitas penelitian kelas dunia dalam menghadapi tantangan global.

Vokasi UI memiliki 6 bidang studi yang terdiri 15 program studi jenjang Diploma III (D3) :

·         Bidang Studi Administrasi
  1. D3 Asuransi dan Aktuaria
    1. Bidang Keahlian Asuransi
    2. Bidang Keahlian Aktuaria
  2. D3 Keuangan dan Perbankan
    1. Bidang Keahlian Keuangan
    2. Bidang Keahlian Perbankan
  3. D3 Perkantoran dan Sekretaris
  4. D3 Perpajakan
·         Bidang Studi Akuntansi
  1. D3 Akuntansi Keuangan
  2. D3 Akuntansi Sektor Publik
  3. D3 Akuntansi Teknologi Sistem Informasi
·         Bidang Studi Kedokteran
  1. D3 Fisioterapi
  2. D3 Okupasi Terapi
  3. D3 Perumahsakitan
    1. Bidang Keahlian Manajemen Perkantoran Medik
    2. Bidang Keahlian Kesekretarisan Medik
    3. Bidang Keahlian Keuangan, Akuntansi, dan SDM Rumah Sakit
    4. Bidang Keahlian Pemasaran, Humas, dan Mutu Rumah Sakit
·         Bidang Studi Komunikasi
  1. D3 Penyiaran
  2. D3 Periklanan
  3. D3 Hubungan Masyarakat (Humas)
·         Bidang Studi Manajemen Informasi dan Dokumentasi
  1. D3 Manajemen Informasi dan Dokumentasi
·         Bidang Studi Pariwisata
  1. D3 Pariwisata
    1. Bidang Keahlian Usaha Perjalan Wisata
    2. Bidang Keahlian Perhotelan
    3. Bidang Keahlian Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE)
Vokasi UI memiliki lembaga kemahasiswaan dan unit kegiatan kemahasiswaan di antaranya :
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa Vokasi (DPM Vokasi)
  • Badan Eksekutif Mahasiswa Vokasi (BEM Vokasi)
  • Himpunan Mahasiswa Bidang Studi (HMBS)
  • Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM) seperti olahraga dan seni
Dewan Perwakilan Mahasiswa Vokasi mempunyai program kerja yang salah satunya adalah Masa Bimbingan (MaBim) Vokasi. Saya adalah salah satu yang beruntung dan bangga bisa memasuki lingkungan dan rangkaian kegiatan Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) Vokasi ini. Pelaksanaan PSAF tersebut tepat pada tanggal 26, 27 dan 28 Agustus 2013. Sebelum pelaksanaan rangkaian kegiatan tersebut kami di kumpulkan untuk di beri arahan saat melaksanakan kegiatan mabim Vokasi 2013 tersebut. Banyak sekali peraturan dan juga segaa sesuatu yang harus di bawa saat mabim. Awalnya merasa kaget, namun berpikir positif bahwa semuanya akan terlewati dan indah pada waktunya. Sebenarnya semua aturan tersebut memiliki arti masing-masing saat kita memasuki dunia perkuliahan, jadi tidak ada kata menyesal dalam mengikuti rangkaian mabim Vokasi 2013. Banyak suka dan duka yang di lewati saat mengikuti mabim Vokasi. Tugas yang di berikan saat mabim adalah membuat alas duduk berbentuk panah yang bertuliskan “WE ARE ONE” yang berarti bahwa walau kita dari berbagai macam progam studi dan jurusan kita akan tetap satu, yaitu bernaung dan berkumpul bersama di Vokasi. Selain itu kami di berikan tugas memebuat name tag, dimana name tag tersebut mengharuskan kami menempelkan foto yang menyerupai idola kita sendiri. Awalnya merasa aneh dan merasa tidak punya idola, namun setelah dipikirkan lagi ternyata saya telah mengidolakan seseorang. 

Setelah alas duduk dan name tag yang wajib dibawa saat kegiatan mabim berlangsung, kami di berikan tugas kelompok untuk mengerjakan proyek sosial dan mendokumentasikannya. Banyak sekali yang menjadi hikmah dalam proyek sosial ini, selain membuat kelompok kompak karena diwajibkan berpakaian seragam disini juga mengajarkan kami untuk peka terhadap lingkungan sekitar yang masih membutuhkan banyak sekali perhatian dan uluran tangan dari pemuda penerus bangsa seperti kami. Video sosial tersebut dilengkapi dengan pembuatan essai yang menceritakan tentang pembuatan video dan hal apa yang di dapatkan setelah proyek sosial. Dress code yang digunakan setiap harinya berbeda dan di tentukan oleh panitia, yang sama hanya bawahan nya yaitu menggunakan rok hitam panjang bagi para wanita. Atasan hari pertama menggunakan putih dan hari kedua menggunakan batik. Saat mabim di wajibkan memakai tas ransel, obat pribadi, aat sholat, handuk kecil, buku dan alat tulis, makanan dan minuman tanpa plastik dan sterofom, tidak boleh make up, dan memakai sepatu kets warna hitam atau dominan warna hitam, serta untuk wanita wajib dikuncir rambutnya. Setiap rangkaian kegiatannya seru, meneggangkan, lucu dan menakutkan. Semua rasa tercampur aduk saat mengkuti rangkaian kegiatan mabim Vokasi 2013 ini. Namun pengisi acara saat inspiratif dan memotivasi saya sebagai mahasiswa baru dalam pengenalan dunia perkuliahan.

Masa bimbingan mahasiswa seperti ini sangat membantu dalam pengenalan dan membantu mahasiswa baru dalam beradaptasi secara tidak langsung tanpa mereka sadari. Banyak hal-hal kecil yang sepertinya ringan namun sangat berarti dalam dunia perkuliahan. Contohnya dalam mengerjakan tugas harus benar-benar mengikuti peraturan yang di berikan dan harus teliti dalam mengerjakan nya, kalau tidak mahasiswa baru akan mendapatkan hukuman. Hal seperti itu sangata waja karena kenyataan nya dalam perkuliahan dosen akan memberikan tugas bermacam macam dan kita harus mengerjakan nya dengan teliti agar mendapat nilai baik dan tidak mengulang lagi. Hal kecil lain adalah seperti istilah yang sering kita dengar “malu bertanya sesat dijalan” ya istilah itu sangat penting di rangkaian kegiatan ini, karena palabila kita tidak aktif dan hanya berdiam diri saja akan merugikan diri sendiri, seperti halnya dalam dunia perkuliahan. Kesimpulannya masa bimbingan Vokasi 2013 sangat berkesan setiap hari nya, dan acara puncak lah yang membuat semuanya terasa indah.

Kritik dan saran untuk mabim selanjutnya adalah lebih transparansi dalam penilaian dan tidak mendadak dalam mengumumkan status ikm karena banyak oprec lembaga organisasi setingkat UI yang sudah mulai ditutup tapi status ikm masih biasa, padahal persyaratan nya adalah status ikm aktif. Lebih di pertegas dalam kelengkapan alat mabim yang dibawa agar adil semua kalau di hukum karena memang salah, jangan sampai ada yang lolos. Lebih banyak mengundang para pengisi yang inspiratif karena dapat membuka wawasan para mahasiswa baru.

Referensi :
http://www.ui.ac.id/tentang-ui/sejarah.html
http://vokasi.ui.ac.id/web/profil/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISU BUDAYA K-POP DI INDONESIA

  Source: bbc.com Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan tradisi. Memiliki ciri khas tersendiri disetiap suku dan daerah yang ada di Indonesia. Itulah yang membuat negara Indonesia menjadi menarik. Kehidupan bermasyarakat lambat atau cepat selalu mengalami perubahan. Untuk membedakan perubahan sosial dan perubahan kebudayaan dalam kehidupan sehari-hari sangat sukar karena semua masyarakat mempunyai kebudayaan. Sementara itu, semua kebudayaan mewarnai kehidupan dalam masyarakat. Jadi, perubahan sosial masyarakat dengan perubahan kebudayaan akan saling berkaitan. Perubahan sosial adalah proses berubahnya kehidupan individu-individu di dalam masyarakat dari cara-cara kehidupan yang sosial yang sudah ada ke cara kehidupan sosial yang baru. Perubahan sosial, meliputi perubahan dalam teknologi, perubahan perilaku, perubahan tata nilai dan norma, perubahan keyakinan, dan perubahan pola kehidupan. Adapun faktor penghambat perubahan sosial dan budaya yaitu individu

RESENSI BUKU "SPIRIT OF SUCCESS" by Aris Ahmad Jaya

Judul Buku      : Spirit o f Success     Penulis             : H. Aris Ahmad Jaya, DVM, MM     Penerbit           : ABCoPulisher     Tahun              : 200 8     ISBN               : 979-15290-0-0 “Tidak ada gunung yang lebih tinggi dari lutut kita selama kita mampu mendaki puncaknya” Disaat kamu merasa terpuruk, masihkah kamu bisa bangkit dari sebuah keterpurukan secara singkat lalu bersyukur? Tidak ada hal yang dapat mengubah dirimu selain dirimu sendiri dan dengan tangan mu sendiri. Terkadang memang tak mudah dalam menjalani ironi kehidupan pada zaman seperti sekarang ini. Namun, ingatlah bahwa semua permasalahan dihidupmu tidak lebih besar dari Tuhan mu. Memang jikalau kita membahas kata bangkit tidak semudah kita mengucapkannya. Namun, jangan pernah berhenti untuk bisa selalu bangkit disetiap keterpurukan. Kebebasan kita yang terakhir adalah memilih sikap dalam situasi yang menimpa diri kita. Sehebat apapun permasalahan yang kita alami, maka sik

TUTORIAL PRAKTIS MEMBUAT HALAMAN WEB MENGGUNAKAN HTML5, CSS3, DAN BOOTSTRAP

Definisi dari HTML (Hypertext Markup Language) merupakan   sebuah bahasa untuk menstrukturkan dan menampilkan isi dari WWW, HTML5 adalah revisi kelima dari HTML yang hingga sampai saat ini masih terus berkembang. Tujuan utama pengembangan HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi HTML agar mendukung teknologi multimedia terbaru, mudah dibaca oleh manusia dan juga mudah dimengerti oleh mesin . Kegunaan HTML5, adalah Mengintegrasikan gambar dengan tulisan Membuat link ke dokumen lain Memodifikasi dan mengontrol dari web page dan content nya Menambahkan objek-objek seperti image,audio dan video dalam dokumen html             Sebelum kita mempelajari lebih dalam mengenai sebuat HTML, CSS, dan Bootstrap kita diharuskan untuk memiliki aplikasi-aplikasi yang mendukung pengerjaan sebuah HTML, CSS, dan Booststrap. Web browser merupakan salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan dalam mendukung penggunanaan HTML, CSS dan Bootstrap. Tujuan utama dari p