Langsung ke konten utama

RESENSI BUKU "SPIRIT OF SUCCESS" by Aris Ahmad Jaya



Judul Buku      : Spirit of Success

    Penulis             : H. Aris Ahmad Jaya, DVM, MM
    Penerbit           : ABCoPulisher
    Tahun              : 2008
    ISBN               : 979-15290-0-0

“Tidak ada gunung yang lebih tinggi dari lutut kita selama kita mampu mendaki puncaknya”




Disaat kamu merasa terpuruk, masihkah kamu bisa bangkit dari sebuah keterpurukan secara singkat lalu bersyukur? Tidak ada hal yang dapat mengubah dirimu selain dirimu sendiri dan dengan tangan mu sendiri. Terkadang memang tak mudah dalam menjalani ironi kehidupan pada zaman seperti sekarang ini. Namun, ingatlah bahwa semua permasalahan dihidupmu tidak lebih besar dari Tuhan mu. Memang jikalau kita membahas kata bangkit tidak semudah kita mengucapkannya. Namun, jangan pernah berhenti untuk bisa selalu bangkit disetiap keterpurukan.
Kebebasan kita yang terakhir adalah memilih sikap dalam situasi yang menimpa diri kita. Sehebat apapun permasalahan yang kita alami, maka sikap kitalah yang akan berperan besar dalam upaya menghadapinya. Kita bisa marah, mengeluh, menyalahkan, mencari kambing hitam, mencari alasan, atau bersabar, bahkan bersyukur. Di dalam buku ini kita diajak untuk menjadi pemain dalam diri kita sendiri,
“Perintahkan diri kita sendiri sebelum diperintahkan oleh orang lain”
“Paksa diri kita sendiri sebelum dipaksa oleh orang lain”
“Arahkan kemana diri kita sendiri sebelum diarahkan oleh orang lain”
“Mainkan diri kita sendiri sebelum dipermainkan oleh orang lain”
Yakinlah Allah tidak akan merubah nasib kita kecuali kita berupaya dengan sungguh-sungguh merubah nasib kita kearah mana kita akan berubah. Mulailah perubahan kita sendiri dengan memperkuat keyakinan kita, kepercayaan kita bahwa kita bermakna, kita mampu ketika kita mau, kita unik dan bernilai.
Setiap orang menginginkan kesuksesan, namun tidak semua orang mampu menerima konsekuensi yang harus dijalani dalam mencapainya. Setiap orang ingin berhasil namun tidak semua orang mampu melewati garis finish keberhasilan yang ditargetkannya. Kesiapan menerima resiko apapun yang akan dijumpai di awal proses pencapaian kesuksesan hingga garis finish yang digariskan merupakan prasyarat utama seseorang yang berhak mendapatkan apa yang diimpikannya.
“Orang sukses berparadigma lebih baik mencoba lalu gagal daripada gagal mencoba”. “Komitmen” adalah satu kata yang mampu menghantarkan seseorang mencapai kesuksesan. Kata lain dari komitmen adalah ketekunan, kesabaran, keuletan, pantang berkeluh kesah, pantang beralasan, pantang menyalahkan, dan siap bertanggung jawab sepenuhnya atas konsekuensi dari setiap pilihan yang diambil.
“Jangan kita lihat masalah menjadi beban, tapi lihatlah sebagai anugerah. Masalah adalah ujian, dan usai ujian adalah kenaikan kelas”. Kesuksesan bukan hanya berbicara tentang hasil. Namun, kesuksesan yang sesungguhnya berbicara tentang proses. Hasil sukses yang dicapai seseorang saat ini tidak akan terlepas dari proses yang ditempuh secara berliku pada waktu sebelumnya. Proses inilah yang akan menjadikan kita lebih dewasa secara  emosi, dan cerdas secara mental.
“Sadarilah, penghalang terbesar kesuksesan kita adalah seseorang yang bernama diri kita sendiri”. Bagaimanakah perasaan kita kalau setiap kali kita melakukan sesuatu selalu hadir orang yang bersemangat untuk menghalangi kita? Bagaimana kalau setiap upaya kita selalu dihambat? Bagaimana kalau setiap upaya kita selalu dihambat, ditekan dan ia selalu muncul dengan seribu alasan untuk menghadang diri kita? Dan bagaimanakah jikalau orang itu adalah kita sendiri? Diri kitalah musuh terbesar dalam diri sendiri. Pernahkah kita memergoki diri kita sendiri dengan berkata “Aku tak mungkin bisa melakukan ini... tak mungkin bisa melakukan itu...” bukankah suara tersebut yang selalu berhasil menahan setiap langkah kita? Bukankah kata-kata itu yang menghasilkan alasan-alasan dari awal dari suatu kemalasan kita? Berubahlah karena hidup itu adalah tentang sebuah pilihan, dimana pilihan tersebut mengenai “Apakah kita mau berubah menuju hal yang lebih baik atau menunggu orang lain yang akan mengubah diri kita menurut keinginan orang yang akan mengubah diri kita?”. Jangan pernah takut untuk bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya.
Kita adalah sosok manusia sebagaimana yang kita pikirkan atas diri kita sendiri. Kita hari ini berada dimana pikiran kita membawa diri kita sendiri, sehebat apapun orang memaksa ataupun mempengaruhi kita namun kitalah orang terakhir yang berhak memutuskan ya atau tidak mengenai paksaan tersebut. Panca indra yang kita miliki ibaratkan sebuah pasukan, akal dan pikiran kita adalah panglima dan hati kita adalah rajanya. Selama kita mampu menguasai raja yang kita miliki maka panglima dan pasukan akan tunduk patuh pada raja.
Yakinlah mulai hari ini tidak seorang pun yang mampu menyakiti hatimu kecuali atas izinmu. Kita adalah pemain yang akan menentukan arah bola yang akan kita bawa, kita bukan sekedar penonton yang bersorak mendukung ataupun mengumpat apa yang dilakukan pemain di lapangan. Sadarilah ketika kita sebagai pemain, kemanapun bola kita diarahkan akan senantiasa menghasilkan perpindahan bola. Sebaliknya kalau kita adalah seorang penonton maka sangatlah mustahil teriakan dan suara keras kita di luar lapangan mampu membawa bola ke arah yang kita inginkan.
Berikut merupakan cuplikan beberapa kisah inspirasi yang disisipkan oleh penulis dalam buku ini“Layang-layang terbang karena menghantam angin”. Seorang anak berlari dengan sangat kencang membentang layang-layang, namun sang ayah tersenyum ketika layang-layang tak juga terbentang naik. Sekali waktu layang-layang naik kemudian turun kembali dengan cepat. Setengah putus asa sang anak menghampiri ayahnya dan berkeluh karena layang-layangnya tidak bisa naik sebagaimana yang lainnya. Dengan sabar sang ayah menjelaskan bahwa sebelum menerbangkan layang-layang kita harus mengetahui arah angin, dan layang-layang hanya mampu terbang justru ketika menghantam angin. Sang anakpun paham dan mengerti mengapa selama ini layang-layangnya tidak mampu terbang. Saat itulah sang ayah berkata “Anakku justru engkau akan mampu sukses ketika berani menghadapi masalah dan engkau akan naik kelas ketika menghadapi ujian sebagaimana layang-layang yang terbang justru ketika menghantam angin dan bukan mengikuti arah angin”.
“Impian Walt Disney”. Kisah inspirasi ini sangat membuat diri kita tersadar akan berbagai hal. Berikut merupakan kutipan-kutipan dari beberapa potongan ungkapan walt yang membuat kita merasa harus bangkit dan terus berupaya agar bisa sukses :
1.      Kesuksesan dimulai ketika kita mulai menciptakan impian jauh kedepan. Dan saat kita berkomitmen untuk mencapai impian itu, maka selanjutnya impian itu yang akan menjadi magnet dan menarik kita kesana.
2.      Tidak peduli seberapa parah keadaan kita saat ini, namun keadaan pasti akan berubah lebih baik apabila kita memilik satu hal yaitu harapan.
3.      Kehidupan itu adalah suatu pilihan. Apakah mau hidup kaya atau miskin, tergantung atas keputusan dan tindakan kita sepenuhnya saat ini.
4.      Kebahagiaan akan timbul dalam diri kita apabila kita melakukan sesuatu yang benar-benar kita sukai.
Buku ini ditulis oleh seorang motivator character building nasional yang bernama Aris Ahmad Jaya kelahiran Pati 23 Februari 1974 lulusan dari Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor. Selain sebagai direktur utama PT ABCo Sugesti Motivatindo, Aris Ahmad Jaya memiliki profesi sebagai dosen character building di PGTKA Tarbiyatunnisa Bogor, Assosiate Trainer di Qualitant, ILNA Training Center, INTAN Padang. Selain menulis buku Spirit of Success ini, Aris Ahmad Jaya pernah menulis 5 buku lainnya yang berjudul 30 Hari Mencari Jati Diri, BETHE 5 Karakter Idola Pecundang Sejati, Aura Kemenangan, Motivadrenalin meningkatkan adrenalin motivasi menuju sukses dan bahagia, serta Motimorphosis motivasi menuju perubahan.
Buku ini diperuntukkan bagi remaja hingga dewasa yang sedang mencari sebuah asupan energi positif dalam menjalani kehidupan. Buku ini akan mengubah cara berpikir kita sehingga kita akan memperoleh pola pikir baru tentang diri kita sendiri. Buku ini akan membangkitkan keberanian kita dari rasa takut, membakar motivasi kita menjadi pribadi sukses, dan menggerakkan semua indra kita untuk bergerak menuju satu titik yang bernama keyakinan sukses. Penyajian dalam buku ini terdiri dari beberapa bab dengan judul yang berbeda namun saling berkaitan  tentang sukses, tiap bab itu sendiri disisipkan kisah inspirasi yang membuat kita lebih termotivasi untuk menjadi sukses.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISU BUDAYA K-POP DI INDONESIA

  Source: bbc.com Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan tradisi. Memiliki ciri khas tersendiri disetiap suku dan daerah yang ada di Indonesia. Itulah yang membuat negara Indonesia menjadi menarik. Kehidupan bermasyarakat lambat atau cepat selalu mengalami perubahan. Untuk membedakan perubahan sosial dan perubahan kebudayaan dalam kehidupan sehari-hari sangat sukar karena semua masyarakat mempunyai kebudayaan. Sementara itu, semua kebudayaan mewarnai kehidupan dalam masyarakat. Jadi, perubahan sosial masyarakat dengan perubahan kebudayaan akan saling berkaitan. Perubahan sosial adalah proses berubahnya kehidupan individu-individu di dalam masyarakat dari cara-cara kehidupan yang sosial yang sudah ada ke cara kehidupan sosial yang baru. Perubahan sosial, meliputi perubahan dalam teknologi, perubahan perilaku, perubahan tata nilai dan norma, perubahan keyakinan, dan perubahan pola kehidupan. Adapun faktor penghambat perubahan sosial dan budaya yaitu individu

TUTORIAL PRAKTIS MEMBUAT HALAMAN WEB MENGGUNAKAN HTML5, CSS3, DAN BOOTSTRAP

Definisi dari HTML (Hypertext Markup Language) merupakan   sebuah bahasa untuk menstrukturkan dan menampilkan isi dari WWW, HTML5 adalah revisi kelima dari HTML yang hingga sampai saat ini masih terus berkembang. Tujuan utama pengembangan HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi HTML agar mendukung teknologi multimedia terbaru, mudah dibaca oleh manusia dan juga mudah dimengerti oleh mesin . Kegunaan HTML5, adalah Mengintegrasikan gambar dengan tulisan Membuat link ke dokumen lain Memodifikasi dan mengontrol dari web page dan content nya Menambahkan objek-objek seperti image,audio dan video dalam dokumen html             Sebelum kita mempelajari lebih dalam mengenai sebuat HTML, CSS, dan Bootstrap kita diharuskan untuk memiliki aplikasi-aplikasi yang mendukung pengerjaan sebuah HTML, CSS, dan Booststrap. Web browser merupakan salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan dalam mendukung penggunanaan HTML, CSS dan Bootstrap. Tujuan utama dari p